Memahami arti dari investasi

Investasi adalah sebuah tindakan atau kegiatan dengan menanamkan modal, baik bisa berupa uang ataupun barang dengan berbentuk aset dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atas tindakan tersebut. Mari kita Memahami arti dari investasi yang baik untuk saat ini.

Investasi saat ini merupakan suatu tindakan yang sangat penting untuk bisa mengurasi resiko atau menjamin masaa depan kita, karena dengan adanya inflasi yang membuat semua aspek menjadi mahal jika dibandingkan dengan masa sebelumnya. Sebagai contoh dulu 1 gram emas bernilai 200 ribu namun di tahun 2024 ini nilai emas 1 gramnya mencapai 1.4 juta. Hal ini menandakan bahwa harga emas semakin lama sekali mahal seiring dengan adanya inflasi.

Jenis jenis Investasi yang ada

Investasi Jangka Pendek, dimana kita menyimpan uang di dalam bank dalam bentuk instrumen deposito atau reksa dana. Dana yang kita simpan tersebut akan digunakan oleh bank untuk memberikan modal kepada usaha usaha yang ada.

Investasi Jangka Panjang

Kita membeli saham, properti atau obligasi dengan jangka waktu yang cukup panjang misalnya 5 tahun, karena jika berinvestasi pada instrumen sama, properti atau obligasi tidak lama makan tidak akan didapatkan hasil yang maksimal.

Investasi Emas dan Logam mulia

Banyak orang tipe babyboomer yang senang berinvestasi pada emas ataupun logam mulia karena dipercaya nilainya tidak akan tergerus oleh inflasi. Namun perlu diperhatikan bahwa investasi emas atau logam mulia ini memerlukan tempat yang aman seperti disimpan pada safe deposit box pada bank.

Investasi Properti

pada awal tahun 2000 sebelum terjadinya covid banyak sekali yang memilih untuk melakukan investasi pada bidang properti, namun pada tahun ini karena sering terjadinya perang dan fluktuasi pasar dunia yang sedang tidak baik maka bisa jadi investasi properti tidak akan banyak menguntungkan karena daya beli konsumen saat ini sangat lemah.

Maanfaat dari investasi adalah sebagai berikut

Melawan inflasi, seiring dengan perkembangan zaman dimana semua barang-barang bisa mengalami kenaikan harga karena situasi dunia yang tidak menentu seperti perang, adanya kekeringan adanya bencana alam yang menyebabkan supply sebuah barang menjadi tidak jelas dan mengakibatkan kenaikan harga.

Menambah sumber pemasukan, dengan adanya investasi seperti reksadana atau obligasi maka kita akan mendapatkan keuntungan yang bisa menjadi tambahan sumber pendapatan bagi mereka yang mendapatkan gaji. Bagi yang sudah pensiun tentunya akan bisa menopang biaya hidup.

Mencapai tujuan finansial yang diidamkan, siapa yang tidak ingin mendapatkan status sebagai finasial freedom dimana sudah tidak membutuhkan pendapatan lagi karena sudah mendapatkan passive income yang ada dari investasi.

Meningkatkan kekayaan atau aset, bagi beberapa orang investasi juga bisa menambah aset dengan mudah karena hasil dari investasi tersebut selain digunakan untuk biaya hidup juga bisa digunakan untuk membeli emas, logam mulia, properti dan lain lain tanpa harus mengeluarkan biaya dari gaji.

Memenuhi kebutuhan masa depan, sebagai contoh pendidikan semakin lama semakin mahal oleh karena itu dengan investasi menjamin tersedianya sumber dana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak dimasa depan.

Investasi mengandung resiko

Ada rumus dimana HIGH RISK HIGH GAIN, LOW RISK LOW GAIN yang bisa diartikan bahwa ketika investasi pada instrumen yang resikonya tinggi biasanya akan mendapatkan keuntungan yang tinggi pula demikian jika investasi dengan resiko rendah maka keuntungan yang di dapat rendah juga. Oleh karena itu bijak dalam berinvestasi sangat diperlukan, jika perlu anda bisa menghubungi wealth management atau finansial advisor untuk mendapatkan investasi yang tepat. Memahami arti dari investasi